Rapat Awal Semester Program Studi Ilmu Kelautan (S1)

Pada Hari Jumat, 10 Januari 2020 diadakan rapat awal semester program studi Ilmu Kelautan, yang dipimpin langsung oleh Ketua Program Studi, Mega L Syamsudin, Ph.D

Agenda Rapat membahas tentang:

  1. Strategi Lulusan Tepat Waktu
  2. Penetapan Dosen Pengampu Mata Kuliah Semester Genap
  3. Lain-lain

   

Untuk memenuhi target lulusan tepat waktu (angkatan 2016) lulus 3.5 – 4 tahun, pihak program studi melakukan langkah strategis untuk mencapai target tersebut, diantaranya adalah dengan mendorong mahasiswa yang sudah melakukan bimbingan draft sebanyak min.2 kali untuk dapat maju melakukan Seminar Usulan Riset (SUR). Selain itu, juga dilakukan penyesuaian waktu untuk periode kolokium dan komprehensif sehingga diharapkan lulusan tepat waktu dapat mencapai target.

Pada Semester Genap TA.2019/2020 ini terdapat 26 mata kuliah yang terbagi kedalam 3 semester; Semester 2, 4 dan 6. pembagian dosen pengampu dari setiap mata kuliah disesuaikan dengan kompetensi serta komposisi yang berimbang sehingga proses perkuliahan dapat berjalan dengan lancar dan Capaian Pembelajaran dapat terpenuhi.

Kurikulum yang digunakan pada Semester 2 dan 4 mengacu pada Kurikulum 2018, sedangkan Semester 6 masih menggunakan Kurikulum 2016. pada Semester 4, terdapat mata kuliah pilihan yang dibuka untuk mahasiswa untuk memilih 1 dari 4 pilihan mata kuliah yang ada :

  • Oseanografi Perikanan
  • Geomorfologi Pantai
  • Bioinformatika
  • Micro-control Instrument

Agenda terakhir terkait pengembangan porgram studi, Sesuai dengan salah satu Program Kerja Universitas Padjadjaran 7 S (Sapta Karsa Unpad), SASAMI (Satu Prodi, Satu Mitra Perguruan Tinggi Internasional) pihak program studi akan menyusun langkah-langkah strategis untuk mencapai tujuan tersebut, langkah awal dimulai dengan menjalin kontak dengan professor/promotor dari masing-masing dosen saat menempuh studi di universitasnya masing-masing.