Penulisan Karya di media Popular

Penulisan popular seperti menulis di majalah, koran, media online memerlukan teknik yang berbeda dengan penulisan untuk jurnal dan media science lainnya. Walaupun memerlukan gaya yang berbeda dikarenakan pembaca yang lebih bervariasi, namun metode yang digunakan hampir sama. Artinya penulis harus banyak membaca dan membaca, melakukan review, dan kemudian menulis, dan pada akhirnya dapat dipubikasikan.

Untuk itu, dalam mata kuliah Etika Penulisan Ilmiah yang diampu oleh Noir P. Purba dan Subiyanto untuk mahasiswa Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran mengundang dua orang pakar yang sering menulis di media online dan majalah yaitu Risdo dan Basar Daniel. Kedua pembicara ini akan membicarakan bagaimana teknik yang tepat untuk menulis di media popular. Pada pemaparannya, kedua pembicara menekankan pentingnya banyak membaca dan bagaimana mencari ide-ide dalam menulis popular. Selain itu, pembicara juga menekankan bagaimana sistematika dan gaya penulisan.

Mahasiswa yang mengikuti kuliah ini sangat tertarik dan mempunyai banyak pertanyaan yang diajukan selama perkuliahan. Beberapa contoh yang dipaparkan mampu menarik perhatian mahasiswa sehingga pendalaman terhadap penulisan semakin jelas.

Diharapkan dari materi yang dibawakan oleh kedua pembicara dapat memberikan wawasan kepada mahasiswa untuk lebih creative dalam mengunggah karyanya di media popular. Hal ini untuk memberikan gambaran bahwa universitas merupakan salah satu lembaga yang memberikan dampak signifikan di masyarakat. Banyaknya materi yang sangat ilmiah yang dipelajari di perguruan tinggi, harus dapat dibahasakan sesuai dengan pembaca yang majemuk sehingga universitas mempunyai andil dalam masyarakat. Sebagai tugas akhir, mahasiswa ditugaskan untuk membuat sebuah essay dan opini dan dipublikasikan di media lokal dan nasional.